RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
: Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran
: Fiqih
Kelas/Semester :
I / 1
Alokasi
Waktu
: 1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal lima rukun Islam
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menyebutkan lima rukun Islam
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§
Melafalkan lima
rukun Islam
§
Bernyanyi lagu
rukun Islam, dapat diubah dari lagu anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan
ke lima rukun Islam.
§
Bermain kartu
rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1 ) syahadatain, (2) sholat, (3) zakat, (4) puasa dan (5) haji
D.
Materi
Pembelajaran
§
Rukun Islam
E.
Metode
Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun Islam
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya rukun
Islam.
§
Meminta siswa
menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru
meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian rukun
Islam.
§
Elaborasi: Siswa
mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian rukun
Islam
§
Konfirmasi: Guru
meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun
Islam
§
Elaborasi: Guru
melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun Islam.
§
Elaborasi: Guru
menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema rukun
Islam
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun Islam.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan
penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian rukun Islam
§
Siswa menyalin
kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G.
Alat/Sumber
Belajar
§
Buku paket Fikih,
artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa dapat menyebutkan isi rukun Islam
§ Siswa dapat menghafal isi dari rukun Islam secara urut
§ Siswa dapat menentukan urutan rukun Islam
§
Siswa dapat menjelaskan
manfaat mempelajari lima rukun Islam
|
Tes Tulis
Tulis Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Isi rukun Islam
adalah ....
§ Urutan rukun Islam yaitu ....
§
Jelaskan
manfaat mempelajari lima rukun Islam !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar