iklan

Bisnis 100% Tanpa Modal

Minggu, 05 Februari 2012

CONTOH RPP I FIQIH MI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi
1.      Mengenal lima rukun Islam

B.   Kompetensi Dasar
1.1    Menyebutkan lima rukun Islam

C.   Tujuan Pembelajaran :
§  Melafalkan lima rukun Islam
§  Bernyanyi lagu rukun Islam, dapat diubah dari lagu anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan ke lima rukun Islam.
§  Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1 ) syahadatain, (2) sholat, (3)  zakat, (4) puasa dan (5) haji

D.   Materi Pembelajaran
§  Rukun Islam

E.   Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§  Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun Islam
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya rukun Islam.
§  Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian rukun Islam.
§  Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian rukun Islam
§  Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun Islam
§  Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun Islam.
§  Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema rukun Islam
§  Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun Islam.

  1. Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§  Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian rukun Islam
§  Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.   Alat/Sumber Belajar
§  Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.   Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menyebutkan isi  rukun Islam
§  Siswa dapat menghafal isi dari rukun Islam secara urut
§  Siswa dapat menentukan urutan rukun Islam
§  Siswa dapat menjelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam 
Tes Tulis
Tulis Tulis
Tes Tulis
Uraian
Uraian
Uraian
§  Isi  rukun Islam adalah ....
§  Urutan rukun Islam yaitu ....
§  Jelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam !




Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar